Buah Jamlang, Tahu Apa saja Manfaatnya untuk Kesehatan ?

Buah Jamblang – memiliki nama ilmiah Syzygium cumini yang termasuk ke dalam salah satu golongan familia Myrtaceae. Jambang juga kerap disebut dengan duwet atau jambu keling yang merupakan sejenih pohon berbuah yang termasuk ke dalam suku jambu-jambuan.

Di Aceh jamblang ini disebut dengan jambee kleng, (Gayo) nunang, jambu kling, (Sunda&Betawi) jamblang, (Riau) jambu koliong, (Minangkabau) jambu kalang, (Sulut) jumblang, jombulan, jambulan, jambulang, (Bali) jujutan, juwet, (Madura) dhalas, dhuwak, (Bima) duwe, (Selayar) rapo-rapo, (Flores) jambulan, serta (Ternate) jambula.

Baca juga : Jasa maklon pembuatan minuman fungsional ekstrak buah

Tumbuhan jamblang ini menghasilkan buah buni yang masam dan juga sepat, berbentuk lonjong berwarna ungu pekat kemerahan. Panjang nya bisa sekitar 1-5 cm, dengan kulit yang licin mengkilap. Bijinya sendiri tidak menentu, karena ada buah yang sama sekali tidak memiliki biji. Dan ada juga buah yang malah memiliki biji hampir 5 buah.

Pohonnya sendiri memiliki batang yang kokoh dengan tinggi bisa mencapai 20 meter dengan diameter 20-30 cm, berwarna putih kotor, dan tidak memiliki sifat yang menggugurkan daun. Daunnya sejajar berhadapan dengan bentuk bulat telur terbalik karena memiliki pangkal daun yang runcing serta ujung daung yang bundar. Bunga sendiri berbentuk malai rata, jarang hingga tiga kali percabangannya.

Bunganya juga biasa tumbuh pada batang yang tidak ditumbuhi oleh daun. Jamblang sendiri merupakan tumbuhan liar yang ditemukan disekitaran Australia dan juga Asia Tropis. Namun ada pula yang justru membudidayakan jamblang sebagai tumbuhan peliharaan. Persebaran alaminya sendiri terdapat di Himalaya bagian subtropis yang mencakup India, Australia, serta Sri Lanka.

Buah jamblang sendiri bisa dimakan secara segar, karena rasanya yang sepat sering kali pengonsumsian buah ini di barengi oleh garam ataupun gula. Sebagai upaya untuk mengurangi rasa masam dan sepat saat mengonsumsi buah tersebut. Zat masam yang terkandung di dalam buah tersebut dipercaya mampu menghilangkan noda pada gigi.

Kandungan Pada Buah Jamlang

Buahnya juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin seperti vitamin (A, B dan C), energi, karbohidrat, lemak, protein, thiamine, riboflavin, niacin, asam pantotenat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium dan mineral. Kandungan-kandungan tersebut dapat berfungsi untuk membantu mengatasi :

  • Membantu nurunkan resiko terkena kanker
  • Membantu¬† Menghilangkan bau mulut
  • Membantu Mempercepat penyembuhan infeksi
  • Membantu Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu Menghilangkan sembelit
  • Membantu Menjaga kesehatan kulit agar tampak lebih cerah
  • Membantu Meringankan sakit kepala dan sakit perut
  • Membantu Mengobati batuk kering dan berdahak
  • Membantu Meningkatkan nafsu makan, serta
  • Membantu Membunuh bakteri atau kuman penyebab penyakit di dalam tubuh.

Demikianlah beberapa informasi dari jamblang dan juga manfaat yang akan dihasilkan apabila kita rutin mengkonsumsi buah jamblang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *